Senin, 08 Oktober 2012

Pengertian dan Sejarah bola basket

Pengertian Bola Basket.
         Bola basket adalah salah satu cabang olahraga permainan yang dilaksanakan secara beregu (tim), dimana tiap tim terdiri dari 5 orang, baik putra maupun putri.
Tujuan permainan bola basket adalah untuk menghasilkan angka sebanyak-banyaknya dengan jalan memasukan bola ke ring lawan dan mencegah atau menghalangi permainan lawa untuk mencetak nilai yang dibatasi oleh aturan-aturan yang ditentukan.
          untuk memenangkan sebuah pertandingan bola basket sangatlah dibutuhkan kerjasama tim yang solid baik dalam penyerangan maupun dalam pertahanan, karena permainan ini bukan merupakan permainan yang tergantung pada kemampuan seorang pemain saja, melainkan bergantung pada kekompakan semua pemain.

          Permainan bola basket ditemukan pada tahun 1891 oleh Dr. James Naismith, seorang anggota sekolah pelatihan YMCA di Springfield. Beliau merancang bola basket sebagai jawaban atas tugas yang diberikan oleh D. Luther Gulick, direktur Departemen Pendidikan Fisik, yang menugaskan untuk membentuk suatu permainan seperti lacrosse yang dapat dimainkan dalam ruangan selama musim dingin.

          Kemudian Naismith menciptakan peraturan dasar suatu jenis olahraga baru dan mengembangkan lima prinsip dasar saat menyusunnya, yaitu :



  1. Permainan dimainkan dengan tangan dan menggunakan bola bundar.
  2. Pemain tidak boleh lari dengan bola.
  3. Setiap pemain boleh mengambil posisi dimanapun dan kapanpun didalam lapangan permainan.
  4. Tidak diperkenankan adanya kontak fisik antar pemain.
  5. Keranjang ditempatkan horizontal diatas lapangan permainan.

1 komentar:

  1. mantap bro, wawasan ane jadi luas tentang sejarah bola basket

    BalasHapus